Pengalaman Tes PPA/PPTI Tahun 2020/2021

 

Pengalamanku Mendaftar Program Beasiswa PPA BCA Tahun Ajaran 2020/2021

    Sebelum aku mulai bercerita alangkah lebiih baik kita mengenal terlebih dahulu apa itu program beasiswa PPA BCA dan apa saja sih tahapan tes yang harus kita lalui dalam proses seleksi?

    Jadi pada beasiswa ini tidak hanya PPA (Program Pendidikan Akuntansi) tapi ada juga PPTI (Program Pendidikan Teknik Informatika), jadi apa sih PPA/PPTI itu? PPA/PPTI merupakan program pendidikan yang diselenggarakan oleh BCA guna menghasilkan tenaga kerja profesional di bidang Akuntansi/Keuangan dan Teknik Informatika. Program ini berlangsung sekitar kurang lebih 30 bulan atau kurang lebih 2,5 tahun dan berlokasi di BCA Learning Institute yang berlokasi di Sentul, Jl. Pakuan No.3, Sumur Batu, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. 

    Menurut situs resmi di BCA, yang kalian dapat saat sudah lulus dalam proses seleksi dan sudah mengikuti program beasiswa ini kalian akan menerima beasiswa penuh sebagai berikut: Buku pelajaran sepanjang program pembelajaran berlangsung dan laptop (khusus untuk PPTI), Bebas biaya pendidikan dan mendapatkan uang saku bulanan, Mendapatkan kesempatan magang dan penawaran kerja di BCA, Dormitory, Shuttle Bus, dan Mendapatkan makan siang. 

Oke itu saja sekedar pembukaan tentang program beasiswa tersebut, sekarang kita akan lanjut ke dalam persyaratan untuk masing masing program.

Untuk PPTI, berikut Kualifikasinya menurut situs resmi dari BCA:
  • Warga negara Indonesia.
  • Lulusan SMA/SMK atau siswa/siswi SMA/SMK kelas III.
  • Usia maksimum 19 tahun.
  • Rata-rata nilai rapor kelas I s/d III minimal 7,50.
  • Rata-rata nilai Matematika (SMA IPA dan SMK yang berkaitan dengan teknologi informasi) atau Nilai Produktif (SMK yang berkaitan dengan teknologi informasi) minimal 7,50 untuk PPTI.
  • Tidak pernah tinggal kelas dari SD-SMA/SMK.
  • Tidak pernah terlibat narkoba dan pelanggaran hukum lainnya.
  • Lulus dalam proses seleksi.
Untuk PPA, berikut Kualifikasinya menurut situs resmi dari BCA:
  • Warga negara Indonesia.
  • Lulusan SMA/SMK atau siswa/siswi SMA/SMK kelas XII.
  • Usia maksimum 19 tahun.
  • Rata-rata nilai rapor kelas I s/d III minimal 7,50.
  • Rata-rata nilai Matematika (SMA IPA,IPS) atau Nilai Produktif (khusus SMK) minimal 7,50.
  • Tidak pernah tinggal kelas dari SD-SMA/SMK.
  • Tidak pernah terlibat narkoba dan pelanggaran hukum lainnya.
  • Lulus dalam proses seleksi
    Kalau ada persyaratan kalian yang menurut kalian masih belum memenuhi, ataupun dirasa sedikit lagi memenuhi, misal rata-rata di rapor dibawah 7,50, silahkan coba daftar dulu saja. Asal ada niat, pasti ada jalan. Kalaupun gagal, tapi kalian sudah berusaha dan bisa dijadikan pengalaman untuk esok hari. Berikut ini detail tentang program beasiswa di BCA, dan juga sudah aku beri link untuk mendaftar PPA/PPTI:

PPTI sebagai berikut:
 
 
PPA sebagai Berikut:
 
 
Jika kalian tidak bisa mengakses link tersebut kalian bisa langsung mengunjungi web/situs resmi dari BCA yaitu: https://karir.bca.co.id/
 
Oh iya, dalam seleksi beasiswa ini terdiri dari beberapa tahapan tes, yaitu:
  1. Seleksi Administrasi
  2. Tes Online
  3. Tes Psikologi
  4. Wawancara 1
  5. Wawancara 2
  6. Tes Kesehatan
    Disini aku juga akan membagikan pengalamanku di tahun 2020/2021 yang agak sedikit berbeda dari tahun-tahun yang sebelumnya dikarenakan adanya pandemi yang hampir semua tahapan tes tersebut dilakukan secara online. Disini kita akan membahas satu persatu tahapan tes.

1. Pengisian Formulir Pendaftaran

Contoh Formulir Pendaftaran PPA

    Sebelum memulai pengisian formulir alangkah lebih baiknya kalian menyiapkan berkas berkas yang diperlukan sebagai berikut:
  • Siapkan Rapor, KK/KTP, dan Foto (usahakan foto formal) dengan warna background terserah (aku sarankan warna Merah//Biru).
  • Pilih kota seleksi sesuai kota domisili kalian! karena itu mempegaruhi di mana lokasi test kalian.
  • Untuk kolom NIK/No.KTP, isilah sesuai pada KTP atau Kartu Keluarga jika kalian masih belum mempunyai KTP. 
  • Isilah formulir tersebut dengan sejujur-jujurnya.
  • Upload foto diri kalian. Ukuran tidak boleh melebihi 300 kb. Usahakan foto formal.
  • Sebelum submit, cek sekali lagi. Kesalahan data bisa fatal akibatnya.
    Kalau sudah, maka kalian hanya bisa menunggu panitia recruitment selesai menyeleksi berkas kalian. Dalam beberapa hari atau beberapa minggu, nanti akan dikonfirmasi lewat e-mail yang kalian submit-kan dalam formulir pendaftaran. Silahkan rajin-rajin cek e-mail.

Contoh Email Lolos Tahap Administrasi

2. Tes Online

    Setelah lolos dalam seleksi adminstrasi kalian akan menerima email kembali yang berisikan Undangan Asesmen Online (Tes Online) sesuai tanggal yang kalian terima.
Contoh Undangan Tes Online
 
   Dalam tahap ini terdapat 4 macam tahapan tes, yaitu:
  • SMART GMA - Verbal
    Mengukur kemampuan menggunakan kata-kata secara logis (17 pertanyaan, 4 menit).
  • SMART GMA - Numerical
    Mengukur kemampuan menggunakan angka-angka secara logis dan rasional (15 pertanyaan, 5 menit).
  • SMART Ability to Learn
    Mengukur kemampuan memahami konsep-konsep rumit dan menyerap pengetahuan baru yang belum pernah di pelajari sebelumnya (15 pertanyaan, 5 menit).
  • SMART Personality
    Kuesioner ini mengukur gambaran umum perilaku seseorang di dunia kerja (100 pertanyaan, sekitar 15 menit). 
  •  SMART GMA - Verbal
    Pada tes SMART GMA - Verbal kalian akan menghadapi test yang berbentuk kemampuan verbal seperti antonim, sinonim, analogi, dan lain lain. dan disini juga aku akan memberikan sedikit contoh soal pada bagian ini, berikut adalah link yang dapat kalian akses untuk mencoba latihan soal:
 
Latihan Soal Verbal 1:
 
 
Latihan Soal Verbal versi lain:
 

    Untuk versi yang lain terdapat beberapa persyaratan yaitu kalian harus membuat akun terlebih dahulu sebelum kalian mengakses. Tapi kalian juga bisa mengakses contoh soal yang bisa kalian kerjakan tanpa membuat akun terlebih dahulu:
 
Berikut Link untuk mengakses latihan GMA - Verbal:
 
  •  SMART GMA - Numerical
    Pada tes SMART GMA - Numerical kalian akan menghadapi test yang berbentuk kemampuan numerical seperti perkalian, pembagian, pecahan, dan lain lain. dan disini juga aku akan memberikan sedikit contoh soal pada bagian ini, berikut adalah link yang dapat kalian akses untuk mencoba latihan soal:
 
Latihan Soal Numerical 1:
 

Latihan Soal Numerical versi lain:


    Untuk versi yang lain ini juga terdapat beberapa persyaratan yaitu kalian harus membuat akun terlebih dahulu sebelum kalian mengakses. Tapi kalian juga bisa mengakses contoh soal yang bisa kalian kerjakan tanpa membuat akun terlebih dahulu:
 
Berikut Link untuk mengakses GMA - Numerical:

  • SMART Ability to Learn
    Untuk tes pada SMART Ability to Learn saya udah sedikit lupa (Mohon Maaf😅), mungkin dari kalian bisa mencari beberapa sumber di Internet untuk menambah wawasan yang lain
  • SMART Personality
    Pada tes SMART Personality kalian akan menghadapi tes semacam tes kepribadian umum yang berfungsi menilai perilaku seseorang dalam dunia kerja. Pada tes ini kalian harus menjawab yang menurut kalian terbaik. Di sini juga sudah aku carikan web untuk latihan dalam menghadapi tes bagian ini

Untuk contoh soal nya kalian bisa mengakses link berikut:


Dan link ini:

 
Note: 

    Pastikan koneksi internet kalian stabil. Aku kurang tahu jika kalian disconnected waktu akan terus berjalan atau tidak. Maka pastikan internet kalian sangat support atau lebih baik gunakanlah wifi yang stabil agar lebih aman.

Setelah kalian tes aku sarankan kalian tetap berpikir positif dan terus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan kusarankan juga kalian menyiapkan untuk tes yang selanjutnya 

3. Psikotes Online

Pengumuman Lolos ke Tahap Psikotes

    Psikotes pada tahun 2020 sedikit berbeda karena dilakukan secara online, E-mail tersebut masuk kurang lebih 3 minggu atau 1 bulan lebih setelah tes online. Isinya memberitahukan tentang lolos atau tidaknya peserta yang sudah mengikuti tes online, dan nantinya akan ada informasi lagi mengenai tanggal pelaksanaan Psikotes Tertulis dan kalian juga bisa memilih salah satu tanggal tes sesuai hari yang telah ditetapkan panitia.

Contoh Undangan Psikotes

  Setelah menerima undangan psikotes tersebut kalian harus mengupload beberapa persyaratan yang sudah tertera pada lampiran dan kalian harus mengisi, jika dalam lampiran tersebut di beri aturan untuk mengubah nama file contoh dari Daftar RIwayat Hidup Formatnya: KOTA PEREKRUTAN_TGL TES_NO PESERTA_PPA/PPTI_NAMA_DAFTAR RIWAYAT HIDUP.

    Di undangan tersebut juga terdapat beberapa persyaratan yan harus kalian siapkan pada hari ujian, contohnya:
  • Siapkan HVS A4 70 gram sebanyak 4 lembar dan pensil kayu HB.
  •  Siapkan softcopy pas foto terbaru (maksimal 2MB, format .jpg)
  •  Persiapkan diri dan perangkat kamu (Baterai HP/Laptop, earphone).
  •  Pastikan jaringan Anda stabil ( silahkan cek speedtest https://www.speedtest.net/id ). Jangan gunakan internet di tempat umum (Cafe, mall, dll).
    Jika kalian tidak bisa menghadiri atau tidak ada waktu untuk mengikuti seleksi tersebut kalian harus mengirim email konfirmasi dengan format: 
  1. KOTA PEREKRUTAN _PPA/PPTI_NOMOR PESERTA_NAMA ANDA_RESCHEDULE berikan alasan… (apabila anda tidak dapat hadir  sesuai  jadwal yang di tentukan).
  2. KOTA PEREKRUTAN _PPA/PPTI_NOMOR PESERTA_NAMA ANDA_MENOLAK (apabila anda tidak ingin melanjutkan proses seleksi BCA). 
Contoh Undangan Pelaksanaan Psikotes

    Psikotes ini terdiri dari 2 tahap, yaitu tahap 1 dan tahap 2. Apa sih bedanya? jadi perbedaan dari psikotes 1 dan 2 yaitu berada di bentuk soal dan materi. Kalo psikotes 1 mirip seperti tes IQ dan terdiri dari beberapa sub tes kalau tidak salah ada 3 kalo tidak 4 ( maafin aku udah lupa hehehehe😁). Pada psikotes 2 kalian disuruh menggambar kalo pengalamanku kemarin tidak ada tes koran/kraepelin jadi aku hanya disuruh menggambar orang dan pohon. Untuk Psikotes tahap 1 aku tidak bisa membuat contoh soalnya, tapi akan kuberi link latihan psikotes dari situs psikotes online: 
 
 
Dan untuk psikotes 2 aku akan memberi kalian contoh gambar pohon dan orang, kurang lebih seperti ini:
 
Contoh Tes Menggambar Pohon

Katanya sih kalian harus menggambar sebuah pohon berkayu, kecuali pohon jenis :
  1. Perdu
  2. Pinus / cemara
  3. Palma / kelapa
  4. Bambu
  5. Beringin
  6. Randu
  7. Pisang
  8. Rumput-rumputan
    Setelah itu tuliskan nama pohon di bawah gambar pohon yang anda buat tersebut. Usahakan kalian menggambar sendiri sesuai imajinasi kalian karena itu nanti menggambarkan diri kalian, jadi gambarlah sebuah pohon yang jelas mulai dari akar, batang, daun.
Contoh Tes Menggambar Orang
 
    Kusarankan juga kalian menggambar sesuai imajinasi kalian dan kalau bisa sedetail mungkin mulai dari bentuk kepala, telinga, mulut, mata, dan bagian anggota badan yang lain. di gambar itu juga kalian harus menjelaskan siapakah orang yang sudah kamu gambar mulai dari nama, umur, hubungan orang itu dengan kalian, 3 sifat positif dan 3 sifat negatif, dll. Kurang lebih sih seperti itu, kusarankan lagi kalian juga latihan psikotes yang lain seperti Tes Koran/Kraepelin, Wartegg Test, dan psikotes yang lain. Karena kita juga tidak tahu apakah untuk tahun yang selanjutnya itu tesnya berubah atau tidak.

4. Tes Interview 1
    Setelah aku melalui 2 tahapan psikotes online, panitia dari psikotes bilang kalau pengumuman dari psikotes online paling lambat hari ini sekitar 1 atau 2 jam lagi jadi aku harus menunggu untuk pengumumannya, kurang lebih psikotes online berakhir kalau gak salah sih jam 10.30 kurang lebih, dan alhamdulillah aku lolos dalam tahap psikotes online dan lanjut Interview online yang pertama sekitar jam 1 siang, jadi aku harus mempersiapkan diri untuk tes yang akan kulalui nanti, sebelumnya aku sholat dulu untuk menghilangkan beban dan agar fresh ketika aku interview, untuk pertanyaan dari interviewer kurang lebih seperti ini:
  1. Nama dan asal sekolah?
  2. Alasan masuk SMA/SMK dan jurusannya?
  3. Alasan mendaftar PPA/PPTI?
  4. Pelajaran yang disukai dan tidak disukai beserta alasannya?
  5. Tahu PPA BCA darimana?
  6. Jumlah teman dekat yang dimiliki?
  7. Kekurangan dalam diri dan apa yang ingin ditingkatkan?
  8. Jika ada teman yang susah belajar, apakah kita akan memberi bantuan?
  9. Rangking di kelas?
  10. Pernah mengalami stress atau tidak dan apa akibatnya?
  11. Motivasi dalam belajar ketika sedang stress?
  12. Kegiatan di sekolah dan organisasi yang diikuti?
  13. Keseharian setelah pulang sekolah?
  14. Lebih deket dengan ayah atau ibu?
      Kurang lebih begitu pertanyaanya, kusarankan kalian ketika berbicara dengan interviewer usahakan tatap si interviewer dan jangan kebanyakan melihat kesana-kemari karena itu sangat mempengaruhi dalam penilaian, dan usahakan jawaban kalian jujur dan sesuai. Karena kalo kalian berbohong kurang lebih interviewer akan tahu dari gerak-gerik kalian, jadi usahakan juga badan tegap agar interviewer tahu kalau kalian sangat bersungguh-sungguh dalam mengikuti rangkaian tes.

5. Tes Interview ke-2

 
Undangan Interview ke-2

    Setelah melaksanakan serangakaian tes sebelumnya, aku mendapat email kembali yang berisikan undangan untuk melaksanakan tes Interview yang ke-2, dan alhamdulillah saat itu aku seneng banget dan sangat bersyukur dan aku gak nyangka sampai sejauh ini. Saat hari pelaksanaan tes aku melakukan tes seperti yang kulakukan seperti pada saat tes interview yang pertama, setelah interview selesai dan aku pun sudah agak lega. Tiba saatnya untuk menunggu, aku sendiri percaya diri, kalau aku berhasil membuat pewawancara terkesan dengan jawabanku. Nyatanya sekitar 1 bulan menunggu, aku mendapat e-mail berikut:
 
Email Penolakan dari BCA

     Email yang sudah sudah lama kutunggu yang aku harap bisa membuatku dan orang tuaku senang tapi nyatanya malah sebaliknya. Dan ya, itu merupakan email penolakan yang membuat aku sedih karena salah satu harapan yang sudah aku cita-citakan masih belum bisa aku gapai dan
akhirnya perjalanan untuk menggapai beasiswa ini harus berakhir di tahap ini. Mungkin ini memang rencana Tuhan untuk menyampaikan kalau PPA itu bukan jalanku. Tapi aku juga sangat bersyukur karena dari tes ini aku banyak mendapatkan pengalaman tentang bagaimana rasanya berhadapan dengan orang-orang secara profesional, sikap jika bertemu orang-orang baru, dan bagaimana tata cara yang baik dalam melakukan tes interview. Walaupun aku gagal aku tidak bersedih hati karena ini semua merupakan perjalanan hidup dan merupakan pengalaman yang sangat tidak terlupakan.
     
     Oh iya aku berpesan kepada pembaca semua, jalani tes dengan senang hati dan rasa ikhlas dalam menjalankan serangkaian tes tersebut, jalani saja semua itu, untuk yang lolos jangan kalian sia-sia kan kesempatan kalian untuk bisa bergabung dalam bagian dari PPA/PPTI karena diluar sana banyak yang ingin diposisi kalian. Jadi, tetap semangat untuk menjalani pendidikan. Dan untuk yang tidak lolos, janganlah kalian berkecil hati, jalan untuk menuju kesuksesan itu sangatlah banyak dengan catatan raihlah dengan cara yang baik. 

       Bagi pembaca, aku doakan yang terbaik untuk kalian semua, tetaplah optimis dan jangan mudah menyerah untuk meraih cita-cita kalian, aku juga berharap semoga post ini sangat bermanfaat bagi pembaca sekalian dan bisa memotivasi kalian semua, jikalau ada kesalahan penulisan, ejaan, dan informasi, saya mohon maaf dengan sebesar-besarnya.


Terimakasih Banyak

Komentar